Rosalina Rina
Andrian Kartawidjaja
Dikta Arfan Wiraldy - jakarta
Inneke Widya - solo
 
“Puas banget. Terimakasih atas servicenya yaa ixotransport.”
“Ckup puas dgn pelayanannya. Fast respon. Lain kali kalau ke Solo pasti hubungi ixotransport lagi. Terimakasih banyak.”
“Terimakasih untuk perjalanan liburan kami dengan pelayanan baik ixotransport”
"Baik semua pelayanannya."

Candi Singasari

Candi Singasari diperkirakan dibangun sekitar tahun 1300 Masehi di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini terletak kurang lebih sembilan kilometer dari kota Malang. Nama lain candi yang dibangun untuk menyembah Dewa Siwa ini adalah Candi Cungkup atau Candi Menara.

Sebenarnya, di kompleks Candi Singasari, diperkirakan ada beberapa candi lagi dengan Candi Singasari sebagai candi tertinggi. Namun, candi-candi lainnya telah hilang tak berbekas.

Candi Singasari dipercaya sebagai candi penyembahan Dewa Siwa, dilihat dari banyaknya arca Siwa di halaman candi. Relief-relief dan fitur-fitur bangunan Candi Singasari sangat sederhana. Hal ini menimbulkan hipotesis bahwa pembangunan candi belum selesai sepenuhnya.

Pemerintah kolonial Belanda pernah memugar Candi Singasari pada tahun 1937. Pahatan catatan di kaki candi menunjukkan peristiwa pemugaran ini. Namun, tampaknya, pemerintah kolonial Belanda belum memugar candi secara menyeluruh karena beberapa batu belum berhasil dikembalikan ke tempat semula.

Beberapa arca selain arca Siwa adalah arca Durga dan Lembu Nandini. Arca-arca ini dalam keadaan rusak atau belum selesai dibuat.

Dua arca Dwarapala atau raksasa penjaga gerbang ditemukan sekitar 300 meter ke arah barat dari Candi Singasari. Untuk mencapai ke sana, terlebih dahulu harus melalui permukiman yang cukup padat.

Jika ingin menuju Candi Singasari, kami ixoTrans, penyedia jasa rental mobil murah di Malang, menyediakan sarana transportasi mobil dengan biaya sewa terjangkau dan layanan profesional. Segera hubungi kami melalui kontak yang tersedia di situs ini untuk melakukan pemesanan.